CARA MEMBUAT ARTIKEL JURNAL

Hello Sobat Pintar! Bagi seorang penulis, menulis sebuah artikel jurnal adalah sebuah tantangan yang cukup besar. Artikel jurnal adalah sebuah tulisan ilmiah yang memuat hasil penelitian atau studi kasus yang dilakukan oleh penulis. Artikel jurnal juga biasanya digunakan untuk publikasi di jurnal ilmiah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar. Yuk simak!

1. Tentukan Tema atau Topik

Langkah pertama dalam membuat artikel jurnal adalah menentukan tema atau topik yang akan dibahas. Pilihlah topik yang sesuai dengan bidang ilmu yang Anda tekuni dan sesuai dengan minat Anda. Pastikan topik yang Anda pilih juga relevan dengan kondisi saat ini.

2. Lakukan Penelitian atau Studi Kasus

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian atau studi kasus terkait topik yang sudah dipilih. Pastikan penelitian atau studi kasus yang dilakukan dilakukan secara teliti dan sistematis. Gunakan sumber yang terpercaya dan relevan dengan topik yang Anda pilih.

3. Buat Rangkuman atau Outline

Setelah melakukan penelitian atau studi kasus, buatlah rangkuman atau outline dari artikel yang akan Anda tulis. Dalam rangkuman atau outline, tuliskan poin-poin utama yang akan dibahas dalam artikel jurnal. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahami isi artikel dengan lebih mudah.

4. Tulis Abstrak

Abstrak adalah sebuah ringkasan dari isi artikel jurnal yang Anda tulis. Abstrak biasanya terdiri dari 100-250 kata dan digunakan sebagai pengantar dari artikel jurnal. Abstrak harus mampu memberikan gambaran tentang topik yang akan dibahas dalam artikel jurnal.

5. Tulis Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian awal dari artikel jurnal yang berisi tentang latar belakang, tujuan, dan batasan masalah yang akan dibahas dalam artikel. Pastikan pendahuluan yang Anda tulis mampu menarik minat pembaca untuk membaca artikel Anda secara keseluruhan.

6. Tulis Metode Penelitian

Metode penelitian adalah bagian yang sangat penting dalam artikel jurnal. Pastikan metode penelitian yang Anda tulis sudah sesuai dengan standar penelitian ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan lupa sertakan detail mengenai desain penelitian, sampel yang digunakan, teknik pengumpulan data, dan analisis data.

7. Tulis Hasil Penelitian

Hasil penelitian adalah bagian yang menunjukkan hasil yang telah didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian harus disajikan secara jelas dan terperinci. Gunakan tabel atau grafik jika perlu untuk mempermudah pembaca untuk memahami hasil penelitian yang telah didapatkan.

8. Diskusi dan Analisis

Dalam bagian ini, Anda bisa melakukan analisis terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan. Diskusikan hasil penelitian Anda dengan menggunakan teori yang relevan, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam pada pembaca. Jangan lupa untuk menyertakan kesimpulan dari hasil analisis yang telah dilakukan.

9. Kesimpulan

Bagian kesimpulan adalah bagian terakhir dari artikel jurnal yang berisi tentang kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Pada bagian ini, sertakan juga saran dan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

10. Referensi

Sertakan daftar referensi pada akhir artikel jurnal. Pastikan sumber yang Anda gunakan adalah sumber yang terpercaya dan relevan dengan topik yang Anda bahas.

11. Edit dan Koreksi

Setelah menyelesaikan artikel jurnal, jangan langsung mempublikasikannya. Lakukan edit dan koreksi terlebih dahulu untuk memastikan artikel jurnal yang Anda tulis sudah sesuai dengan standar penulisan ilmiah. Periksa kembali tata bahasa, ejaan, dan format artikel jurnal.

12. Publikasikan

Setelah melakukan edit dan koreksi, artikel jurnal Anda sudah siap untuk dipublikasikan. Pastikan artikel jurnal yang Anda tulis sudah sesuai dengan persyaratan dan aturan yang berlaku di jurnal ilmiah yang Anda tuju.

13. Perbarui Artikel Jurnal

Jangan lupa untuk memperbarui artikel jurnal Anda secara berkala. Artikel jurnal yang Anda tulis harus selalu up to date dan relevan dengan kondisi saat ini.

14. Berikan Konteks

Saat menulis artikel jurnal, pastikan Anda memberikan konteks yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dipahami oleh pembaca awam.

15. Gunakan Gaya Bahasa yang Mudah Dipahami

Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari menggunakan frasa atau istilah yang terlalu teknis atau sulit dipahami oleh pembaca awam.

16. Sertakan Data yang Valid

Sertakan data yang valid dan terpercaya dalam artikel jurnal yang Anda tulis. Data yang tidak valid atau terpercaya dapat merusak integritas artikel jurnal yang Anda tulis.

17. Sertakan Referensi yang Cukup

Sertakan referensi yang cukup dalam artikel jurnal yang Anda tulis. Referensi yang cukup dapat memberikan dukungan atau penjelasan yang lebih mendalam pada topik yang Anda bahas.

18. Tampilkan Hasil Penelitian dengan Jelas

Tampilkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan jelas dan terperinci. Gunakan tabel atau grafik jika perlu untuk memudahkan pembaca memahami hasil penelitian yang telah didapatkan.

19. Sertakan Ilustrasi atau Gambar

Sertakan ilustrasi atau gambar dalam artikel jurnal yang Anda tulis jika diperlukan. Ilustrasi atau gambar dapat mempermudah pembaca untuk memahami topik yang Anda bahas.

20. Jangan Lupa untuk Membuat Kesimpulan yang Jelas

Jangan lupa untuk membuat kesimpulan yang jelas dan terperinci pada akhir artikel jurnal yang Anda tulis. Kesimpulan harus mampu memberikan gambaran yang jelas dan sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan.

Kesimpulan

Membuat artikel jurnal memang tidak mudah, namun dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat artikel jurnal yang baik dan sesuai dengan standar penulisan ilmiah. Pastikan artikel jurnal yang Anda tulis sudah memenuhi persyaratan dan aturan yang berlaku di jurnal ilmiah yang Anda tuju. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar