CARA MEMBUAT JURNAL ILMIAH

Salam Sobat Pintar! Jurnal ilmiah merupakan salah satu bentuk publikasi hasil penelitian yang penting bagi dunia akademik. Jurnal ilmiah berisi artikel-artikel ilmiah yang ditulis oleh para peneliti yang sudah berpengalaman. Artikel yang dimuat pada jurnal ilmiah biasanya berisi penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah yang benar dan teruji. Bagi kamu yang ingin membuat jurnal ilmiah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan Topik Penelitian

Langkah pertama dalam membuat jurnal ilmiah adalah menentukan topik penelitian. Pilih topik yang menarik dan relevan dengan bidang ilmu yang kamu tekuni. Pastikan topik penelitian yang kamu pilih masih memiliki ruang untuk pengembangan dan belum banyak diteliti oleh para peneliti lainnya.

2. Lakukan Penelitian

Setelah menentukan topik penelitian, langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian. Lakukan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah yang benar dan teruji. Pastikan data yang kamu kumpulkan akurat dan relevan dengan topik penelitian yang kamu pilih.

3. Analisis Data

Setelah kamu selesai melakukan penelitian, langkah selanjutnya adalah menganalisis data yang telah kamu kumpulkan. Analisis data bertujuan untuk menghasilkan kesimpulan dari penelitian yang kamu lakukan. Pastikan analisis data yang kamu lakukan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Buat Abstrak

Abstrak adalah ringkasan dari artikel yang kamu tulis. Buat abstrak yang mampu memberikan gambaran singkat tentang penelitian yang kamu lakukan. Pastikan abstrak yang kamu buat jelas dan mudah dipahami.

5. Tulis Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian dari artikel yang berisi latar belakang masalah, tujuan penelitian, dan rumusan masalah. Pastikan pendahuluan yang kamu tulis dapat memberikan gambaran yang jelas tentang penelitian yang kamu lakukan.

6. Tulis Kerangka Konseptual

Kerangka konseptual adalah bagian dari artikel yang berisi tentang konsep dasar yang menjadi landasan penelitian. Pastikan kerangka konseptual yang kamu tulis dapat menjelaskan konsep dasar yang kamu gunakan secara jelas.

7. Tulis Metodologi

Metodologi adalah bagian dari artikel yang menjelaskan tentang metode penelitian yang kamu gunakan. Pastikan metodologi yang kamu tulis dapat memberikan gambaran yang jelas tentang metode penelitian yang kamu gunakan.

8. Tulis Hasil Penelitian

Hasil penelitian adalah bagian dari artikel yang berisi tentang hasil dari penelitian yang kamu lakukan. Pastikan hasil penelitian yang kamu tulis dapat dipertanggungjawabkan dan relevan dengan topik penelitian yang kamu pilih.

9. Diskusikan Hasil Penelitian

Setelah kamu menuliskan hasil penelitian, langkah selanjutnya adalah mendiskusikan hasil penelitian yang kamu dapatkan. Diskusi hasil penelitian bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian yang kamu dapatkan secara mendalam.

10. Buat Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian dari artikel yang berisi tentang rangkuman hasil penelitian yang kamu lakukan. Pastikan kesimpulan yang kamu tulis dapat memberikan gambaran yang jelas tentang hasil penelitian yang kamu lakukan.

11. Buat Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah bagian dari artikel yang berisi tentang sumber-sumber yang kamu gunakan dalam penelitian yang kamu lakukan. Pastikan daftar pustaka yang kamu buat dapat dipertanggungjawabkan dan relevan dengan topik penelitian yang kamu pilih.

12. Periksa Ulang Artikel

Setelah kamu menyelesaikan artikel, langkah terakhir adalah memeriksa ulang artikel yang kamu tulis. Pastikan artikel yang kamu tulis bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.

13. Cetak Artikel

Setelah artikel kamu selesai diperiksa, langkah terakhir adalah mencetak artikel yang kamu tulis. Pastikan artikel yang kamu cetak dalam format yang sesuai dengan ketentuan jurnal ilmiah yang kamu tuju.

14. Kirim Artikel

Setelah kamu mencetak artikel, langkah selanjutnya adalah mengirim artikel kamu ke jurnal ilmiah yang kamu tuju. Pastikan artikel kamu sudah sesuai dengan ketentuan jurnal ilmiah yang kamu tuju.

15. Tunggu Hasil Review

Setelah kamu mengirim artikel kamu, tunggu hasil review dari pihak jurnal ilmiah. Hasil review akan memberikan masukan tentang artikel kamu dan memberikan saran untuk perbaikan artikel kamu.

16. Perbaiki Artikel

Setelah kamu mendapatkan hasil review, langkah selanjutnya adalah memperbaiki artikel kamu sesuai dengan saran yang diberikan oleh pihak jurnal ilmiah. Pastikan perbaikan yang kamu lakukan dapat meningkatkan kualitas artikel kamu.

17. Kirim Ulang Artikel

Setelah kamu memperbaiki artikel kamu, kirim ulang artikel kamu ke jurnal ilmiah yang kamu tuju. Pastikan artikel kamu sudah sesuai dengan ketentuan jurnal ilmiah yang kamu tuju.

18. Tunggu Hasil Publikasi

Setelah kamu mengirim ulang artikel kamu, tunggu hasil publikasi dari jurnal ilmiah yang kamu tuju. Hasil publikasi akan memberikan kepuasan bagi kamu dan memberikan kontribusi bagi dunia akademik.

19. Promosikan Artikel

Setelah artikel kamu dipublikasikan, promosikan artikel kamu ke media sosial dan website kamu. Promosi artikel kamu akan memberikan pengaruh yang besar bagi dunia akademik dan akan meningkatkan pengakuan kamu sebagai peneliti.

20. Jadikan Artikel Sebagai Referensi

Setelah artikel kamu terbit, jadikan artikel kamu sebagai referensi untuk penelitian yang kamu lakukan selanjutnya. Pastikan artikel kamu dapat memberikan kontribusi bagi dunia akademik dan dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti lainnya.

Kesimpulan

Membuat jurnal ilmiah memang tidaklah mudah, namun dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, kamu akan dapat membuat jurnal ilmiah yang berkualitas dan dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah yang kamu tuju. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan komentar