CARA MENGISI JURNAL PKL

Sobat Pintar, hello! Bagi kamu yang sedang menjalani Praktik Kerja Lapangan atau PKL di sebuah perusahaan, pasti sudah tidak asing lagi dengan jurnal PKL. Jurnal PKL merupakan catatan harian yang berisi aktivitas dan pengalaman selama menjalani PKL. Jurnal ini sangat penting untuk melaporkan perkembangan PKL ke pembimbing dan juga sebagai bahan evaluasi diri. Tapi, bagaimana cara mengisi jurnal PKL yang baik dan benar? Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Buatlah Rencana Harian

Sebelum memulai aktivitas di perusahaan, sebaiknya kamu membuat rencana harian terlebih dahulu. Rencana ini bisa berisi target yang ingin dicapai pada hari itu, aktivitas yang akan dilakukan, dan hal-hal penting lainnya. Dengan membuat rencana harian, kamu akan lebih terstruktur dalam menjalani PKL dan mudah untuk mengisi jurnal PKL setiap harinya.

2. Catat Aktivitas yang Dilakukan

Setelah membuat rencana harian, catatlah aktivitas yang dilakukan selama menjalani PKL. Misalnya, mengikuti rapat, melakukan observasi, membantu tim, dan lain-lain. Jangan lupa juga mencatat waktu yang digunakan untuk mengerjakan aktivitas tersebut.

3. Tuliskan Pengalaman dan Pembelajaran

Selain aktivitas yang dilakukan, jurnal PKL juga harus memuat pengalaman dan pembelajaran yang didapat selama menjalani PKL. Misalnya, mengenal lebih dalam tentang industri, memperbaiki skill tertentu, dan sebagainya. Tuliskan juga hal-hal yang membuat kamu senang atau justru menantang selama menjalani PKL.

4. Jangan Lupa Tanggal dan Hari

Agar jurnal PKL lebih terstruktur, jangan lupa untuk mencantumkan tanggal dan hari pada setiap entri jurnal. Hal ini akan memudahkan kamu untuk melacak aktivitas yang dilakukan pada hari tertentu.

5. Buatlah Ringkasan Setiap Akhir Pekan

Setelah menjalani PKL selama seminggu, sebaiknya kamu membuat ringkasan aktivitas yang dilakukan selama seminggu tersebut. Ringkasan ini bisa berisi target yang sudah dicapai, hambatan yang dihadapi, dan solusi yang ditemukan. Buatlah ringkasan ini sebagai bahan evaluasi diri dan untuk memudahkan kamu dalam membuat laporan ke pembimbing.

6. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Dalam mengisi jurnal PKL, gunakanlah bahasa yang baik dan benar. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau bahasa gaul. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar.

7. Jangan Menyalin dari Teman atau Internet

Jangan pernah menyalin tulisan dari teman atau internet untuk dijadikan entri jurnal PKL. Hal ini akan merugikan diri sendiri karena tidak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang sebenarnya selama menjalani PKL.

8. Buatlah Jurnal PKL Menjadi Menarik

Jurnal PKL tidak harus membosankan. Kamu bisa membuat jurnal PKL menjadi menarik dengan menambahkan gambar atau ilustrasi yang relevan dengan aktivitas yang dilakukan. Kamu juga bisa membuat jurnal PKL menjadi lebih interaktif dengan menambahkan link ke artikel atau video yang terkait dengan industri yang kamu geluti.

9. Jadikan Jurnal PKL sebagai Kenangan

Jurnal PKL juga bisa dijadikan sebagai kenangan selama menjalani PKL. Kamu bisa menuliskan pengalaman yang paling membekas selama menjalani PKL dan memasukkan foto-foto yang berkesan. Siapa tahu suatu saat nanti kamu akan kembali membuka jurnal PKL ini dan teringat kembali dengan masa-masa yang telah dilalui.

Kesimpulan

Mengisi jurnal PKL sebenarnya tidak sulit asalkan dilakukan dengan konsisten dan disiplin. Jurnal PKL sangat penting bagi kamu untuk melaporkan perkembangan PKL ke pembimbing dan juga sebagai bahan evaluasi diri. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu bisa membuat jurnal PKL yang baik dan benar. Selamat mencoba!Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar