CONTOH JURNAL REFLEKSI

Hello Sobat Pintar!

Bagi kita yang ingin meningkatkan kualitas diri, salah satu cara yang efektif adalah dengan membuat jurnal refleksi. Dalam jurnal refleksi, kita dapat merefleksikan kegiatan sehari-hari, pikiran, dan perasaan yang kita alami.Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa contoh jurnal refleksi yang dapat Sobat Pintar gunakan sebagai referensi untuk membuat jurnal refleksi sendiri.

Contoh Jurnal Refleksi Harian

Jurnal refleksi harian adalah jenis jurnal refleksi yang paling umum. Sobat Pintar dapat membuat jurnal refleksi harian dengan cara menuliskan kegiatan yang dilakukan sepanjang hari, apa yang membuat bahagia, apa yang membuat sedih, serta pikiran dan perasaan yang muncul selama hari tersebut.Contoh:”Sejak pagi, saya merasa lelah dan kurang semangat. Namun, setelah saya minum kopi dan berolahraga, saya merasa lebih baik. Saya juga merasa bahagia setelah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan. Meskipun saya merasa sedih karena belum bisa menyelesaikan tugas yang lain, saya berusaha fokus dan berpikir positif.”

Contoh Jurnal Refleksi Setelah Membaca Buku

Jurnal refleksi setelah membaca buku dapat membantu Sobat Pintar dalam memahami isi buku yang dibaca. Dalam jurnal refleksi ini, Sobat Pintar dapat menuliskan kesan yang didapat dari membaca buku tersebut, bagaimana buku tersebut mempengaruhi pemikiran, serta hal-hal baru yang dipelajari dari buku tersebut.Contoh:”Saya baru saja membaca buku tentang pengembangan diri. Buku ini memberikan saya banyak wawasan baru tentang bagaimana meningkatkan kualitas diri. Saya belajar bahwa penting untuk menetapkan tujuan, fokus pada hal-hal yang penting, dan berpikir positif. Saya merasa terinspirasi dan bersemangat untuk memulai perubahan dalam hidup saya.”

Contoh Jurnal Refleksi Setelah Mengerjakan Proyek

Jurnal refleksi setelah mengerjakan proyek dapat membantu Sobat Pintar dalam mengevaluasi hasil kerja dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari proyek yang telah dikerjakan. Dalam jurnal refleksi ini, Sobat Pintar dapat menuliskan apa yang dilakukan dalam proyek tersebut, kesulitan yang dihadapi, serta hasil akhir yang diperoleh.Contoh:”Saya baru saja menyelesaikan proyek yang cukup besar dan sulit. Saya menghadapi banyak kesulitan dalam menyelesaikan proyek tersebut, seperti kurangnya waktu dan sumber daya yang terbatas. Namun, saya berhasil menyelesaikan proyek tersebut tepat waktu dan dengan hasil yang memuaskan. Saya belajar bahwa dengan usaha dan kerja keras, kita dapat mencapai tujuan yang kita inginkan.”

Kesimpulan

Membuat jurnal refleksi dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas diri dan memahami keadaan diri kita sendiri. Dalam jurnal refleksi, kita dapat merefleksikan kegiatan sehari-hari, pikiran, dan perasaan yang kita alami.Sobat Pintar dapat menggunakan contoh-contoh jurnal refleksi di atas sebagai referensi untuk membuat jurnal refleksi sendiri. Ingatlah untuk selalu jujur dan terbuka dalam menuliskan setiap pengalaman dan perasaan yang kita alami.Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan komentar